Mengenal Agrobisnis Pertanian yang Menguntungkan

August 10, 2018 By admin

Mengenal Agrobisnis Pertanian yang Menguntungkan

Bagi anda yang senang dengan dunia bisnis, tentu anda mengenal istilah agrobisnis bukan? agrobisnis sendiri dapat juga disebut dengan istilah agribisnis, yang merupakan gabungan dari kata agri atau pertanian atau tanah, dan juga bisnis yang itu usaha atau bisnis. sehingga istilah agrobisnis dapat diartikan sebagai sebuah bisnis yang bergerak di bidang pertanian atau yang berhubungan dengan tanah dan lainya baik dalam sektor hilir ataupun hulu. agrobisnis ini bergerak dalam sektor pangan, atau bergerak dalam proses penyediaan pangan bagi masyarakat. kegiatan yang dilakukan dalam agrobisnis sendiri adalah proses pengelolaan hingga budi daya yang dapat meghasilkan panen yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. dalam sebuah agrobisnis tentu saja mempunyai fungsi yang sudah disesuaikan dengan tujuan agrobisnis tersebut. dalam fungsi tersebut terdapat perbedaan antara agrobisnis dengan bisnis lainya, khususnya dalam fungsi perencanaan, fungsi menajemen organisasi, fungsi pengendalian dan juga fungsi pengawasan.

Dalam fungsi agrobisnis yang terdiri dari proses pengadaan produksi, proses budidaya misalkan tanaman hidroponik atau lain semacamnya dengan proses pengelolaan dan pemasaran, semuanya disusun menjadi sebuah sistem. dari sistem tersebut, selanjutnya dijelaskan lagi menjadi sub-sub sistem yang saling berkaitan antara sub satu dengan sub sistem lainya. dalam menjalankan fungsi agrobisnis tersebut, pasti tidak pernah lepas dari yang namanya gangguan. apabila dalam menjalankan salah satu dari sub sistem tersebut terdapat gangguan, maka sistem tersebut tidak dapat berjalan dengan baik, bagitupun sebaliknya. sehingga dalam menjalankan setiap sistem agrobisnis ini sangat perlu menghindari gangguan yang ada baik dalam lingkungan itu sendiri ataupun lingkungan luar.

Salah satu agrobisnis yang paling diminati adalah agrobisnis perikanan. dimana agrobisnis tersebut adalah agrobisnis yang bergerak dalam bidang perikanan baik dalam sektor hulu ataupun di sektor hilir. dalam pengelolaanya, agrobisnis perikanan ini sama dengan dengan agrobisnis dalam bidang lainya. dalam sebuah agrobisnis pasti mempunyai manajemen agrobisnis sendiri. manajemen agrobisnis ini mempunyai ruang lingkup.

Berikut Fungsi Manajemen Agrobisnis

  1. untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan

dalam lingkup ini, adanya agrobisnis yang bergerak dalam bidang perikanan adalah untuk meningkatkan produktivitas baik untuk penangkapan ikan, pengelolaan ikan, pemberdayaan ikan, hingga budidaya ikan sehingga tidak punah. untuk meningkatkan nilai jual dan tukar bagi para nelayan, serta untuk meningkatkan mutu produk dari pengolahan ikan atau sumber daya laut lainya.

  1. untuk meningkatkan nilai ekspor dan impor perikanan

Indonesia mempunyai sumber daya laut yang sangat melimpah, khususnya ikan-ikan. sehingga dengan menerapkan sistem agrobisnis untuk perikanan ini dapat membuat nilai ekspor ikan menjadi meningkat.  selain itu kegiatan impor juga mempengaruhi agrobisnis dalam perikanan tersebut.

  1. untuk meningkatkan kesempatan kerja

inilah hal terpenting dalam sebuah usaha, yaitu membuka lapangan dan kesempatan kerja bagi para masyarakat yang ada di tempat tersebut. khususnya pada daerah hulu dan hilir, sehingga jumlah usaha agrobisnis perikanan ini dapat meningkat lebih cepat dab berkembang dengan pesat. dengan berkembangnya usaha tersebut, sektor perikanan menjadi menaik dan membuat banyak masyarakat yang lebih makmur dan sejahtera. dari semua itu, akan tercipta Indonesia yang bebas dari angka pengangguran, atau setidaknya dapat menurunkan angka pengangguran.

  1. untuk meningkatkan sumber pangan dan ketahanan pangan

dengan menerapkan sistem agrobisnis pada perikanan ini dapat meningkatkan tersedianya sumber pangan yang ada. tidak adanya masyarakat yang kekuarangan pangan, sehingga kehidupan masyarakat juga menjadi lebih baik dari sebelumnya. dengan memanfaatkan sumber pangan dari laut ini dapat meningkatkan kecerdasan karena ikan mengandung protein yang tinggi, sehingga baik untuk perkembangan otak anak dan generasi muda.

  1. untuk meningkatkan agrobisnis bidang perikanan

dalam mengelola agrobisnis ini melibatkan banyak sumber daya laut, termasuk lokasi daerah tersebut, pelayanan agrobisnis, serta dapat terbentuknya pasar atau pusat pelayanan agrobisnis yang baik di setiap wilayah.

Dalam sebuah agrobisnis perikanan adalah mengetahui aspek penting yang diperlukan untuk sebuah manajemen agrobisnis. tentu saja kita tahu bahwa dalam sebuah manajemen agrobisnis terdapat aspek atau hal yang perlu diperhatikan. dengan memperhatkan aspek penting tersebut dapat membuat manajemen menjadi teratur dan dapat bertahan lama. beberapa aspek penting dalam mengelola atau memanajemen agrobisnis adalah sebagai berikut :

Aspek Penting dalam Pengelolaan Agrobisnis

  1. membuat visi dan misi agrobisnis anda

membuat atau menyusun visi dan misi ini sangat penting dalam sebuah bisnis. karena visi adalah tujuan atau apa yang hendak anda capai dalam bisnis tersebut. sehingga visi menjadi langkah utama yang harus dilakukan. selain visi, anda anda juga harus menyusun misi atau tindakan apa saja yang akan anda lakukan untuk mengembangkan agrobisnis anda tersebut. sehingga dengan adanya visi dan misi yang jelas dan tersusun dengan baik maka agrobisnis anda dapat berkembang baik hingga mencapai apa yang menjadi visi andatersebut.

  1. membuat rencana pemasaran agrobisnis anda

dalam sebuah manajemen bisnis tidak pernah lepas dari yang namanya pemasaran atau promisi. dalam sebuah pemasaran ini tentu mempunyai tujan atau target yang harus dicapai. serta dalam sebuah pemasaran juga termasuk kemana produk tersebut akan dipromosikan, siapa yang membeli produk tersebut, seperti apa produk yang anda hasilkan, dan bagaimana manfaat bagi konsumen yang menikmati produk anda tersebut dan yang paling penting adalah berapa harga yang anda berikan untuk produk anda tersebut. beberapa hal tersebut merupakan rencana pemasaran yang baik yang dapat membawa bisnis anda menjadi sukses. dalam sebuah perikanan, pasti ikan sendiri tidak bisa bertahan lama, sehingga perlu andanya perencanaan yang baik dan pengelolaan yang baik pula.

  1. membuat rencana produksi

seperti halnya rencana pemasaran, dalam menajemen bisnis juga sangat perlu membuat rencana produksi. rencana produksi ini adalah bagaimana penggunaan aset termasuk sarana dan prasarana perusahaan dalam menghasilkan produk tersebut. dalam sebuah perencanaan bisnis ini prinsip utama yang harus diperhatikan adalah marketing pasar atau produk apa yang diperlukan di pasar. dengan memperhatikan kebutuhan konsumen ini maka produk anda kan laku dipasar karena produk anda tersebut mempunyai nilai jula dan nilai guna.

  1. membuat rencana keuangan

factor masalah keuangan adalah faktor yang sangat penting juga dalam berbisnis. karena dalam memulai sebuah bisnis atau agrobisnis tentu saja tidak pernah lepas dari yang namanya modal atau uang. sehingga dengan produk yang dihasilakn ini bagaimana caranya modal yang anda keluarkan tersebut dapat menghasilkan uang kembali dan menghasilkan keuntungan yang lumayan.

  1. membuat rencana sumber daya yang tersedia

dalam sebuah agrobisnis khususnya perikanan, pasti membutuhkan sumber daya laut yang melimpah. selain ikan itu sendiri, sumber daya yang dibutuhkan ini termasuk tenaga kerja dan juga sarana yang dibutuhkan. oleh karena itu, dalam agrobisnis melibatkan tenaga kerja manusia, bahan, dan juga alat yang dibutuhkan dalam proses pengelolaannya.

Artikel Pilihan

Blog Contest Allianz Syariah

shares