Perhatikan Hal Ini saat Pakai Tabungan Berjangka untuk Investasi

August 31, 2018 By admin

Perhatikan Hal Ini saat Pakai Tabungan Berjangka untuk Investasi

Saat Anda berniat untuk melakukan investasi, ada hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah masalah dana. Daripada bingung, Anda bisa gunakan tabungan berjangka yang sudah Anda rencanakan sejak jauh-jauh hari. Kalau belum, Anda bisa mulai menabung dari sekarang, kan? Namun, sebelum itu, perhatikan hal ini dulu sebelum menggunakannya!

  1. Pastikan Bank Berada dalam Naungan LPS

Sebelum Anda memilih untuk menabung menggunakan tabungan jenis berjangka untuk investasi, ada baiknya pastikan bank yang Anda pilih berada dalam naungan LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Lembaga ini akan memberikan perlindungan pada dana yang Anda miliki bila terjadi hal buruk pada bank tersebut seperti mengalami kerugian.

Bila hal ini terjadi, Anda tak perlu khawatir dengan tabungan Anda. Pemerintah akan mengganti dana Anda dan memberikannya tanpada ada potonga. Syaratnya ya bank yang Anda pilih ada dalam naungan LPS. Dengan ini, Anda bisa lebih tenang dalam menyimpan tabungan dana di bank.

  1. Digunakan untuk Investasi Jangka Pendek atau Jangka Panjang

Selain itu, dana yang Anda dapat dari tabungan berjangka yang Anda miliki bisa digunakan untuk investasi jangka pendek ataupun jangka panjang. Semua itu tergantung dari pilihan jangka waktu yang Anda ambil. Ada bank yang hanya menyediakan tabungan ini dalam waktu sedikit seperti lima tahun, tapi juga ada yang sampai 20 tahun.

Untuk investasi terbaik jangka pendek, Anda bisa menggunakan yang jangka waktunya pendek saja. Apalagi, Anda juga bisa mendapat suku bunga yang besarnya lumayan. Namun, Anda harus tahu dulu. Sumber dana yang didapat dari investasi ini adalah dari tabungan Anda sendiri. Bank akan secara otomatis menarik dana dari tabungan Anda.

  1. Bisa Tertutup Otomatis

Nah, inilah kekurangan dari menggunakan tabungan jenis ini untuk investasi masa depan Anda. Rekening tabungan dengan jangka waktu ini bisa saja tertutup otomatis. Hal ini bisa terjadi bila terjadi kegagalan pendebetan sumber dana. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk memiliki tabungan ini guna investasi, pastikan dana di tabungan Anda mencukupi.

Auto debet dari pihak bank sebenarnya ada untuk menghindari penutupan otomatis ini. Yah, Anda bisa saja lupa mentransfer dana untuk tabungan dengan jangka waktu ini dan ini membuat tabungan Anda tertutup secara otomatis. Bila hal ini terjadi, siapa yang akan rugi? Tentunya Anda sebagai nasabah, kan?

Setelah tahu beberapa hal tentang tabungan dengan jangka waktu di atas, mau menggunakannya untuk investasi terbaik Anda? Kalau iya, Anda bisa kunjungi DBS Bank untuk membuka tabungannya. DBS Bank adalah salah satu bank di Indonesia yang menyediakan tabungan jenis ini serta memberikan pelayanan terbaik untuk semua nasabah.

Artikel Pilihan

shares