Selain Harga, Lakukan 4 Hal Ini dalam Membeli Qurban

July 11, 2018 By admin

Selain Harga, Lakukan 4 Hal Ini dalam Membeli Qurban

Harga hewan qurban dipastikan akan meningkatkan mendekati momen Idul Adha ini. Tidak heran apabila banyak orang yang menyarankan untuk membeli hewan jauh-jauh hari. Namun apabila sudah tidak memiliki pilihan lain maka Anda juga harus memperhatikan banyak hal dalam membeli qurban. Bukan hanya harganya tapi juga melakukan 4 hal penting ini.

  1. Terjun Langsung ke Lapangan

Banyak orang yang enggan langsung terjun ke lapangan ketika ingin membeli hewan qurban karena dianggap terlalu merepotkan. Keputusan tersebutlah yang membuat pembeli mengalami berbagai kerugian. Mulai dari harga yang lebih mahal dari harga umum hingga jenis kambing yang tidak sesuai dengan selera pembelinya.

Cerita akan menjadi lain apabila Anda langsung terjun untuk mencari hewan qurban yang diinginkan. Dengan terjun ke lapangan langsung, maka Anda bisa memilih langsung hewan qurban yang diinginkan dan juga menentukan harga yang paling normal. Soalnya dengan terjun langsung maka Anda bisa melakukan tawar menawar kepada pedagannya secara langsung.

  1. Mengecek Kondisi Hewan Qurban dengan Detail

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa harga bukanlah satu-satunya hal yang mesti Anda perhatikan ketika membeli qurban. Hal berikutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengecek kondisi dari hewan tersebut. Dengan mengecek kondisi hewan tersebut maka Anda bisa mencegah terjadinya salah pilih ketika sudah membelinya.

Bukan hanya mengecek kondisinya tapi juga Anda harus lebih detail dalam memperhatikan tingkah laku hewan tersebut. Hindari hewan yang terlihat lemah dan lesu ketika berada di pasar hewan. Soalnya biasanya hewan dengan jenis ini memiliki risiko besar mempunyai penyakit. Mulai dari demam hingga berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Untuk itulah, Anda juga mesti detail ketika memperhatikan kondisi hewan tersebut. Perhatikan bagian kaki, telinga hingga anus dari hewan tersebut. Pastikan bahwa pada bagian-bagian tersebut tidak mengeluarkan darah, nanah atau kotoran. Soalnya apabila hal tersebut sampai terjadi maka bisa dipastikan hewan tersebut terkena penyakit berbahaya.

Tabungan Kurban

  1. Memeriksa Usia Hewan

Salah satu syarat sah dari hewan yang diqurbankan adalah memiliki usia yang sudah cukup. Sayangnya, di luar sana masih banyak pedagang yang menjual hewan yang belum cukup usia demi bisa meraih keuntungan. Untuk itulah, penting bagi setiap pembeli untuk memeriksa usia hewan sebelum memutuskan guna membelinya.

Caranya adalah Anda bisa menanyakan langsung kepada pedagangnya atau apabila kurang percaya maka Anda bisa memperhatikan struktur giginya. Hewan yang sudah cukup usia biasanya memiliki struktur gigi yang lebih baik daripada mereka yang belum. Terutama bagian gigi tetap yang sudah tumbuh dan hilangnya bagian gigi susu.

  1. Memeriksa Surat Kelengkapan Hewan

Mungkin masih belum banyak yang tahu bahwa untuk sekarang ini, hewan yang dijual untuk dijadikan qurban telah dilengkapi dengan surat. Surat ini sendiri merupakan surat yang menjamin kesehatan dari hewan tersebut dan diberikan oleh pihak terkait. Jadi sangat disarankan untuk Anda memeriksa surat kelengkapan ini guna memastikan hewan yang dibeli bebas penyakit.

Biasanya pedagang yang memang hewan berkualitas baik dan juga berpengalaman dalam bidang ini maka pastinya memiliki surat kelengkapan tersebut. Apalagi bagi mereka yang terhitung berjualan di kota besar.

Barulah setelah melakukan empat hal tersebut, Anda bisa mengecek harga hewan qurban. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan Anda. Tidak ada salahnya juga untuk melakukan proses tawar menawar guna mendapatkan harga terbaik. Bahkan mengajak mereka yang lebih berpengalaman juga bisa dicoba untuk membantu Anda dalam membeli.

Artikel Pilihan

Blog Contest Allianz Syariah

shares