5 Cara Menambah Berat Badan Janin Secara Alami

5 Cara Menambah Berat Badan Janin Secara Alami

Kesehatan janin Anda dalam kandungan salah satunya ditandai dengan berat badannya. Janin yang memiliki berat lebih rendah dibandingkan berat rata-rata janin pada umumnya, biasanya lebih riskan terkena komplikasi pada kesehatannya. Sebagai seorang ibu, Anda bisa berperan untuk mengontrol berat badan janin dengan mengikuti 5 cara menambah berat badan janin ini.

  1. Konsumsi makanan sehat penambah berat badan janin

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menambah berat badan janin dengan cepat adalah lewat asupan makan Anda saat mengandung. Kebiasaan ini harus Anda lakukan agar janin mencapai berat badan idealnya di setiap minggu pertambahan umurnya. Beberapa jenis makanan yang bisa Anda perbanyak konsumsinya selama hamil adalah susu, buah, sayur, biji-bijian utuh, serta daging.

Kenapa harus jenis makanan tersebut? Jawabannya karena makanan tersebut mengandung nutrisi yang sangat baik untuk perkembangan berat badan bayi. Misalnya saja buah alpukat yang mengandung lemak baik serta tinggi dengan kandungan asam folat. Lemak baik mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung, sedangkan asam folat akan menambah berat badan janin.

  1. Hindari makanan yang berefek buruk bagi janin

Jika ada makanan yang harus diperbanyak asupannya, terdapat juga makanan yang mesti Anda hindari agar tak berdampak buruk bagi janin. Dilansir dari Livetsrong, jenis makanan yang mesti Anda hindari saat hamil adalah yang berbentuk goreng-gorengan, mengandung lemak jahat, serta yang tinggi kandungan kolesterolnya. Makanan ini tak akan memberikan nutrisi apapun pada janin.

  1. Waktu istirahat yang cukup

Cara menambah berat badan janin selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan ruang bagi tubuh untuk beristirahat. Maksimalkan waktu tidur Anda di malam hari dan jika Anda merasa capek saat beraktivitas di siang hari, luangkan waktu untuk merehatkan diri. Dengan cara ini, energi Anda akan kembali pulih dan Anda bisa merasa segar kembali.

  1. Jangan biarkan rasa stres dan cemas menguasai Anda

Terkadang, karena hormon yang tidak stabil saat hamil menjadikan Anda lebih sensitif, sehingga cepat merasa stres dan cemas. Saat stres melanda, biasanya akan mempengaruhi nafsu makan Anda. Anda mungkin melampiaskannya dengan makan berlebihan, ataupun malah menurunkan nafsu makan Anda. Inilah yang kemudian akan berefek pada berat janin yang sedang Anda kandung.

  1. Jangan biarkan diri Anda kekurangan cairan saat hamil

Masa kehamilan merupakan saat dimana Anda sedang butuh-butuhnya banyak cairan. Jadi jangan sampai Anda malah dehidrasi karena kecapekan, kepanasan atau memang kurang mengonsumsi cairan. Dilansir dari Firstcry Parenting, kondisi tubuh yang kurang cairan bisa membahayakan janin yang dikandung, hingga menyebabkan bayi lahir dalam keadaan prematur.

Itulah 5 cara menambah berat badan janin secara alami dan bisa Anda terapkan dalam keseharian Anda. Selain tips diatas, Anda juga bisa menambah informasi seputar kesehatan janin dengan memanfaatkan layanan konsultasi online dengan dokter kandungan di Orami. Melewati proses hamil jadi lebih menyenangkan, lewat layanan berbagi informasi kehamilan oleh Orami.

shares