7 Alasan Kenapa Metro Ethernet Bernilai Ekonomis Tinggi

October 25, 2018 By admin

7 Alasan Kenapa Metro Ethernet Bernilai Ekonomis Tinggi

Pengguna jaringan metro ethernet di Tanah Air hingga internasional sudah tak terhitung lagi karena saking banyaknya. Dengan jaringan tersebut, kebutuhan akan koneksi dengan kecepatan tinggi pun terpenuhi. Selain itu, jaringan yang jangkauannya hingga antar pulau ini diyakini punya nilai ekonomis tinggi. Kenapa bisa begitu?

  1. Penggunaannya Sangat Luas

Interface yang dibuat oleh jaringan ini mampu dijangkau dan ditampilkan lewat hampir semua perangkat jaringan. Kalau dalam dunia properti, layanannya sudah mencakup semua syarat untuk dikatakan sebagai produk minimalis. Meski hanya satu arsitektur jaringan, tetapi mampu menjangkau lebih banyak pengguna. Tentu lebih menghemat biaya.

  1. Harga Perangkat Teknologi di Pasaran Sangat Bersaing

Sudah menjadi bagian dari hukum ekonomi, yaitu ketika ada barang berkualitas, maka harganya tidak mudah jatuh. Uniknya, untuk mengoptimalkan serta membangun jaringan ini, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Ketika hendak dikomersialkan, tetap menguntungkan karena harga serta nilai tawarnya sangat stabil.

  1. Tidak Perlu Pakai Perangkat Modem

Jika untuk mengakses jaringan saja harus pakai modem, maka sudah ketinggalan zaman. Tanpa modem, jaringan yang dibentuk bisa diakses sama cepatnya. Bahkan bisa lebih cepat. Soalnya cuma berbekal kabel UTP atau Ethernet, sudah langsung terhubung. Tentu untuk masalah delay atau penundaan, tergantung sekali dengan batasan wilayah yang dijangkau.

  1. Tidak Lagi Memerlukan Router Canggih

Fungsi utama dari router adalah membagikan atau mendistribusikan alamat IP. Dengan alamat IP, maka setiap komputer atau perangkat bisa saling terhubung dan melakukan komunikasi. Baik jaringan yang terhubung via LAN maupun internet. Sedangkan router canggih tentu memiliki jangkauan luas dan stabil.

Sayangnya, harga untuk beli router canggih tersebut sangat mahal. Sedangkan untuk jaringan yang dibuat oleh metro ethernet hanya memerlukan switch. Fungsi utamanya mirip dengan router. Lebih jelasnya, switch memiliki fungsi sebagai manajemen lalu lintas jaringan. Tentu harganya lebih terjangkau dari router dan mampu menjangkau area yang luas.

  1. Tidak Lagi Perlu Konventer

Dalam penggunaannya, konventer berfungsi sebagai penghubung 2 media yang berbeda. Misalnya antara kabel UTP dan kabel fiber optic. Bisa dibilang, dengan penggunaan konventer, kecepatan transfer datanya jadi sangat tinggi. Soalnya menggunakan gelombang cahaya. Namun, untuk jaringan ini, meski tak pakai konventer, aksesnya tetap tinggi.

  1. Tidak Ada Biaya untuk Variasi Layanan

Berhubung layanan yang diberikan secara paket, maka soal penambahan variasinya tidak dikenakan biaya. Begitu pula dengan upgrade maupun downgrade layanan. Kalau toh ada biayanya, kemungkinan besar sangat kecil. Dari cakupan nilai ekonomis, keberadaan jaringan ini sangat menutupi kebutuhan tersebut.

Dengan adanya jaringan metro ini, kebutuhan pelanggan bisa dipenuhi lebih dari 2 titik. Kalau Anda menggunakan layanan dari Lintasarta, keuntungan bisa lebih tinggi. Soalnya Lintasarta memiliki tenaga yang ahli teknis yang berada di lebih dari 70 kota Indonesia. Kapan pun Anda perlu perawatan, biayanya murah karena lokasinya berdekatan.

  1. Mampu Dimanfaatkan oleh Beberapa Layanan

Layanan pertama, yaitu ethernet layanan services, lalu LAN to LAN, TDM services, VPN, serta customized ethernet private network. Mungkin pada poin ini tidak ekonomis secara langsung, melainkan punya daya komersial yang tinggi. Bukan tidak mungkin klien-klien Anda pun semakin banyak karena nyaman dengan jaringan ini.

Di bidang pembuatan jaringan metro ethernet, Lintasarta sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun. Mitranya sangat luas karena sudah menjangkau ranah internasional. Itulah kenapa tadi sedikit membahas tentang layanan Lintasarta. Itu hanya sebagian dari keunggulan bekerja sama dengan Lintasarta. Selebihnya bisa Anda nikmati usai bekerja sama langsung.

Artikel Pilihan

shares