7 Tips Efektif Membangun Karakter Anak

7 Tips Efektif Membangun Karakter Anak

Lifestyle

Membangun karakter anak tentu tidaklah mudah. Apalagi setiap anak sudah terlahir dengan sifat masing-masing yang sulit untuk orangtua atur sesuai keinginan. Namun, ada banyak strategi yang bisa diterapkan saat membentuk karakter anak.

Membentuk Karakter Anak

Berikut adalah tips-tips jitu yang bisa Anda terapkan dalam membentuk karakter sang buah hati.

1.    Berikan Kebebasan

Jangan mengurung anak dengan aturan-aturan yang Anda buat. Biarkan anak memiliki kebebasan selama mereka masih dalam kondisi aman. Berikan waktu bagi anak untuk bebas bermain tanpa takut kotor, selama tidak berbahaya bagi mereka. Cara ini akan membantu Anda membentuk anak menjadi pribadi yang tidak terkekang namun tetap memiliki tanggung jawab.

2.    Hindari Memberi Label

Pastikan untuk tidak pernah memberi label apapun pada anak Anda. Misalnya, Anda memanggil anak Anda dengan sebutan si nakal atau si malas. Ketika mereka mendapat label tersebut, maka mereka percaya bahwa itu adalah diri mereka. Saat anak melakukan kesalahan, berikan pengertian dengan cara yang baik bukan dengan memberi label.

3.    Berikan Kepercayaan

Anak ingin orangtua percaya kepada mereka. Berikan kepercayaan Anda agar anak tumbuh menjadi sosok yang berani. Mereka akan mampu melakukan apapun selama Anda memberikan kepercayaan. Inilah yang membentuk anak lebih percaya diri dan siap menghadapi apapun di sekitarnya.

4.    Terima Kekurangan

Sebagai orangtua, sudah seharusnya Anda menerima kekurangan pada diri anak. Ajak anak untuk ikut memahami kekurangan tersebut dan tidak merasa minder. Berikan pemahaman kepada mereka agar mampu menerima kekurangan dan tetap tampil percaya diri dengan kekurangan tersebut.

5.    Jangan Membandingkan

Setiap anak memiliki karakter, bakat, sifat, dan kemampuan masing-masing. Jangan pernah membuat perbandingan. Membandingkan mereka dengan anak-anak lain yang menurut Anda lebih baik hanya akan memperburuk keadaan. Anak jadi tidak percaya diri, takut, dan marah karena selalu dibanding-bandingkan.

6.    Berikan Contoh

Orangtua adalah role model bagi anak-anaknya. Jika ingin membangun karakter anak, maka lakukan dengan memberi contoh secara langsung kepada mereka. Mulai saja dari hal sederhana yang mudah dipahami si kecil. Contohnya membereskan mainan, berbagi dengan sesama, berkata jujur, dan lain sebagainya.

7.    Jadi Diri Sendiri

Bentuk anak agar menjadi sosok yang percaya pada diri sendiri. Ajari mereka untuk menerima diri sendiri dan tumbuh dengan menjadi apa yang mereka yakini. Berikan motivasi, ungkapkan rasa bangga, dan hargai setiap pencapaian yang mereka raih. Semua ini akan membantu anak untuk lebih mudah menjadi dirinya sendiri.

Itulah tadi beberapa tips membangun karakter anak yang bisa Anda terapkan. Namun ingat bahwa setiap anak punya sifatnya masing-masing. Dekati dan kenali anak Anda lebih jauh agar Anda bisa mengambil langkah paling tepat untuk membentuk karakter mereka.