Berikut Deretan Penyakit yang Rentan Diderita Sesuai dengan Golongan Darah

Deretan Penyakit yang Rentan Diderita Sesuai dengan Golongan Darah

Dari kedua orang tua, anak mewarisi beberapa hal yang bersifat genetik salah satunya adalah golongan darah (GD)GD sendiri ditentukan oleh substansi yang terkandung di dalam permukaan sel darah merah dan anak bisa mewarisi GD yang sama dengan salah satu orang tuanya. Selain bersifat waris atau diturunkan, GD juga ternyata memiliki reaksi khusus dengan sistem imun tubuh. Reaksi ini berbeda-beda tergantung dari jenis GD yang dimiliki sehingga beda GD beda juga penyakit yang mudah diderita ataupun penyakit yang tidak mudah ditularkan kepada Anda.

Penelitian mengenai kaitan GD dengan sistem imun yang berhubungan dengan penyakit-penyakit tertentu memang masih belum bisa dibuktikan sepenuhnya. Akan tetapi di dunia kedokteran, ada banyak contoh kasus yang sesuai dengan penelitian tersebut, dimana masing-masing GD memiliki penyakit-penyakit yang lebih mudah menyerang tubuh dan penyakit-penyakit dimana tubuh lebih kebal. Berikut ini adalah masing-masing jenis GD dan penyakit yang rawan diderita sesuai dengan banyaknya contoh kasus yang ada di dunia sehingga Anda bisa mewaspadai sesuai dengan gol darah yang Anda miliki:

  • Tipe golongan O.

Manusia dengan darah tipe O akan lebih kebal terhadap penyakit jantung hingga 23% daripada manusia dengan tipe darah lainnya. selain penyakit jantung pemilik tipe O ini juga lebih kebal hingga 35% akan penyakit kanker pankreas dibandingkan lainnya. hal ini sesuai dengan penelitian di Harvard Medical School Amerika.

Namun tipe golongan O juga memiliki resiko penyakit tukak lambung yang lebih besar dan bagi wanita dengan tipe darah O lebih beresiko terhadap produksi sel telur yang lebih sedikit. Untuk mencegahnya, tipe darah O harus mentaati jadwal makan dan makan makanan yang kaya serat serta minum air putih dalam jumlah cukup.

  • Tipe golongan darah A.

Tipe A lebih beresiko terhadap penyakit kanker perut hingga 20% dibandingkan tipe darah B dan O. Kanker perut disebabkan karena bakteri H yang sebenarnya normal berada di dalam tubuh manusia. Namun karena reaksi imun pemilik golongan A yang berbeda, mereka lebih sensitif terhadap bakteri jenis ini sehingga menyebabkan rentan terhadap kanker perut. Selain kanker perut, pemilik tipe A ini juga lebih rentan terhadap penyakit jantung. Untuk mencegahnya. Lakukan pola hidup sehat dengan berolahraga dan diet makanan tinggi lemak.

  • Tipe darah B.

Tipe darah B memiliki resiko penyakit diabetes tipe 2 lebih tinggi dibandingkan tipe darah O dan A. Selain itu resiko penyakit pembuluh darah dan jantung juga lebih besar. Tipe darah B memiliki resiko penggumpalan darah yang cukup fatal hingga 60% lebih tinggi dibandingkan tipe darah O. Untuk mencegahnya, pemilik tipe darah O harus bisa diet makanan tinggi gula dan tinggi natrium.

  • Tipe darah AB.

Tipe darah AB merupakan tipe darah yang paling langka dimiliki. Orang dengan tipe darah A diteliti lebih beresiko terhadap penyakit otak atau gangguan kognitif. Gangguan yang diteliti adalah gangguan untuk mengingat hingga berpikir. Lakukan relaksasi agar aliran oksigen ke otak lebih lancar secara rutin setelah beraktivitas.

Itulah beberapa penyakit yang sering dikaitkan dengan golongan darah tertentu. Meski begitu, semua pemilik tipe darah harus selalu mewaspadai penyakit apapun baik yang memiliki resiko lebih tinggi ataupun tidak dengan cara melakukan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan sehat untuk kehidupan yang lebih baik.

shares