Cara Hemat Mencari Tempat Sewa Apartemen di Jakarta

Cara Hemat Mencari Tempat Sewa Apartemen di Jakarta

Merantau ke kota besar seperti Jakarta butuh trik terbaik untuk mengurangi pengeluaran, banyak pilihan tempat tinggal selama menetap, salah satunya dengan sewa apartemen.

Berdasarkan cost of living index, ibukota menjadi wilayah dengan biaya hidup paling mahal dibandingkan kota besar lainnya di Indonesia. Info lainnya bahkan menyebutkan IHK Jakarta sudah tembus 7 juta rupiah. Pada umumnya uang sewa untuk sebuah apartemen berkisar mulai 3 juta sampai 4 juta setiap bulan tergantung lokasi dan fasilitas.

Bagi anda yang bekerja di Jakarta, perlu menerapkan gaya hidup hemat untuk menekan pengeluaran terutama tentang tempat tinggal. Berikut beberapa trik menghemat biaya sewa untuk sebuah apartemen.

  1. Pilih lokasi paling menguntungkan

Lokasi apartemen akan sangat berpengaruh pada pengeluaran transportasi ke kantor setiap harinya. Jarak yang dekat akan menghemat ongkos ataupun bahan bakar kendaraan, begitu juga sebaliknya.

Lokasi bangunan di tempat-tempat yang strategis juga menentukan harga sewa per bulan, yang pastinya lebih mahal. Bahkan beberapa apartemen di pusat Kota Jakarta disewakan dengan harga fantastis. Apabila anda ingin mendapatkan besaran sewa yang lebih ekonomis, cobalah melihat apartemen yang berada di daerah yang belum terlalu ramai.

Tidak masalah jika tempatnya kurang strategis, asalkan tidak terlalu jauh dari kantor, mempunyai fasilitas baik, suasana yang nyaman & aman. Namun, jika biaya transportasi harian berbanding lurus dengan biaya sewa apartemen di wilayah kota. Lebih baik pertimbangkan kembali untuk menyewanya, jika bisa dijangkau dengan jalan kaki ketika berangkat kerja.

  1. Manfaatkan website pencarian online

Sekarang ini, sudah banyak situs online yang secara gratis menginfokan kepada anda tentang lokasi apartemen, fasilitas, dan harga sewanya. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mencari tempat tinggal yang cocok. Gunakan filter yang disediakan website, misalnya menampilkan list dari harga termurah.

Jika anda punya saudara, kenalan, ataupun teman yang sudah menetap lama di Jakarta, bisa juga menanyakan tentang lokasi apartemen yang bisa disewa dengan harga murah.

  1. Mempertimbangkan ketersediaan perabotan

Setelah menemukan lokasi yang cocok, anda bisa mulai menghitung budget untuk sewa apartemen dengan sistem tanpa perabotan atau full furnished. Jika tempat tersebut hanya ruangan saja, berarti penyewa harus membeli furniture sendiri sesuai kebutuhan, hal ini juga akan mempengaruhi pengeluaran.

Sebaiknya mencari apartemen yang sudah memberikan fasilitas perabotan sehingga lebih praktis. Seandainya suatu saat anda harus pindah, tidak perlu repot dengan urusan cara mengangkut furniture lagi.

Ketiga trik hemat sewa apartemen tersebut bisa menjadi langkah tepat untuk anda yang sedang bimbang memiliki tempat tinggal di Jakarta. Sebagai pendatang, memang harus pintar mengelola keuangan untuk tempat tinggal, makan, menabung, dan keperluan lainnya.

shares