Kenali Metode Peracikan Kopi yang Bisa Dicoba di Rumah

Kenali Metode Peracikan Kopi yang Bisa Dicoba di Rumah

Others

Minum segelas kopi hangat atau juga dingin identik dengan pergi ke coffee shop. Padahal Anda bisa racik sendiri di rumah. Selain memilih biji kopi yang memiliki karakter sesuai selera, Anda juga harus memahami bagaimana metode dalam meracik kopi. Ada banyak metode yang cocok diterapkan di rumah menggunakan alat khusus dengan harga terjangkau lho! Yuk, kenali cara membuat kopi dingin menggunakan metode mudah di bawah ini.

Berbagai Metode Meracik Kopi

Bila Anda tidak memiliki alat pembuat espresso atau mesin espresso yang memang harganya tidak murah, pilih saja meracik dan membuat minuman kopi dengan metode berikut ini.

1.     Metode Drip

Pertama, metode drip atau sering disebut juga dengan metode tetes ini hanya membutuhkan penyaring kopi. Untuk penyaringnya sendiri banyak dijual di pasaran dengan berbagai bentuk dan tipe bahan, salah satunya kertas saring. Nantinya bubuk kopi yang telah ditakar ditaruh di atas kertas saring, lalu dituang air panas dalam jumlah cukup. Biarkan hingga kopi menetes ke dalam gelas perlahan.

2.     Mokapot

Selanjutnya ada metode mokapot yang menggunakan pot berbahan stainless. Kopi dimasukan ke bagian yang sudah disediakan. Tuang air di wadah bawah. Panaskan pot di atas kompor. Kemudian biarkan airnya mendidih dan naik ke atas secara otomatis. Kopi akan disaring dengan sendirinya saat air perlahan naik ke bagian atas.

3.     French Press

Cara membuat kopi dingin yang juga mudah ialah menggunakan alat french press. Di sini Anda membutuhkan bubuk kopi dengan giling medium agar bubuk tersebut bisa tersaring sempurna. Perlu diperhatikan, umumnya french press tidak kuat menahan suhu air yang terlalu tinggi, jadi hindari menggunakan air panas mendidih saat menyeduh kopi menggunakan alat ini.

4.     Vietnam Drip

Serupa dengan metode drip, vietnam drip menggunakan alat saring khusus berbahan stainless. Tipe bubuk kopi yang pas ialah giling halus sedang. Dalam menyajikan segelas vietnam drip, bisa mencampur dengan kental manis khas kopi vietnam yang cenderung kental dan pahit.

5.     Aeropress

Ada juga metode yang dinamakan aeropress. Metode ini mengandalkan kertas saring dan alat yang digunakan dengan cara menekan (press). Metode aeropress banyak disukai penggemar kopi karena cita rasa kopinya terasa lebih kuat dan penggunaannya yang sangat mudah. Alatnya juga bisa dibawa ke mana-mana.

6.     Espresso

Kemudian pada metode espresso menggunakan mesin yang saat ini banyak sekali ragamnya. Kelebihan metode ini, espresso yang dihasilkan lebih kental dan kuat, sehingga cocok sebagai bahan utama untuk membuat berbagai macam racikan kopi seperti di coffee shop.

Anda bisa pula menggunakan cara membuat kopi dingin lebih praktis dengan kopi hitam instan tanpa ampas yang hanya perlu diseduh saja. Berikutnya tinggal tambahkan bahan campuran seperti susu, kental manis, maupun sirup perasa agar cita rasanya lebih bervariasi.