Tidak Banyak yang Tahu, Ini Dia Beda Robusta Dan Arabika

Tidak Banyak yang Tahu, Ini Dia Beda Robusta Dan Arabika

Others

Pada umumnya masyarakat hanya tahu jika kopi dibedakan menjadi 2 jenis yaitu kopi robusta dan arabika. Sayangnya, belum banyak masyarakat khususnya penyuka kopi yang mengetahui apa saja perbedaan diantara keduanya. Lalu, sebenarnya apa saja beda robusta dan arabika sehingga membuat harga keduanya memiliki selisih yang cukup jauh? Berikut penjelasannya.

Perbedaan Mencolok Antara Robusta Dan Arabika

Selama ini kopi arabika memang dikenal memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi robusta. Namun, tingginya harga kopi tersebut sebenarnya cukup wajar mengingat kopi arabika dikenal memiliki cita rasa yang lebih kaya. Namun, sebenarnya perbedaan keduanya sudah muncul sejak masih berupa buah kopi segar. Berikut sederet perbedaan keduanya.

  1.   Lokasi pembudidayaan

Kopi robusta merupakan jenis kopi yang bisa tumbuh di dataran rendah yang berada di bawah 700 mdpl. Oleh sebab itu, jenis ini banyak dibudidayakan di Indonesia yang cenderung memiliki temperatur  yang hangat. Sayangnya, meskipun jenis ini mampu menghasilkan kopi dalam jumlah yang banyak, tapi pohonnya rentan terhadap serangga.

Sementara itu, kopi arabika merupakan tanaman yang tumbuh pada ketinggian sekitar 700-1700 mdpl. Oleh sebab itu, tanaman ini hanya cocok ditanam di daerah sejuk dengan suhu berkisar antara 16-20°C. Jika dipaksa tumbuh di dataran rendah maka tanaman ini tidak bisa tumbuh optimal dan mudah terkena penyakit daun karat.

  1.   Kadar kafein

Kopi robusta dikenal memiliki kadar kafein yang cukup tinggi yaitu sekitar 1,8-4 %. Oleh sebab itu, kopi ini memiliki rasa yang netral bahkan cenderung pahit. Namun, kopi robusta merupakan kopi yang banyak dikonsumsi masyarakat karena jenis kopi ini mudah dikreasikan menjadi minuman kopi yang lebih modern.

Sementara itu, kopi arabika memiliki kafein yang rendah yaitu sekitar 0,9-1,4 %. Kadar kafein yang rendah membuat rasa kopi ini termasuk lembut serta tidak pekat ketika diseduh. Selain itu, kopi arabika juga lebih aman bagi Anda yang memiliki masalah lambung sehingga patut untuk dicoba.

  1.   Kadar gula

Selain memiliki kafein, biji kopi juga memiliki kandungan gula yang jumlahnya berbeda-beda tergantung jenisnya. Hal ini sangat penting diperhatikan bagi Anda yang sedang diet atau memiliki masalah kesehatan. Kopi robusta diketahui memiliki kandungan gula sebesar 3-7 % sedangkan kopi arabika sebesar 6-9 %.

Di saat pandemi seperti sekarang, Anda tentu akan sulit untuk menikmati secangkir kopi nikmat di café atau kedai kopi favorit. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencoba kopi instan terutama yang dikemas dalam wadah kapsul sebagai alternatif pengganti minum kopi di café.

Kopi dalam bentuk kapsul seperti Nescafe Dolce Gusto dikemas dalam kemasan tertutup untuk menjaga kualitas, rasa, dan aroma kopi di dalamnya. Oleh sebab itu, kopi yang dibuat dari produk ini hampir mirip seperti yang dipesan di café. Namun, tentu saja dengan harga yang lebih terjangkau.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, Nescafe Dolce Gusto turut menghadirkan jenis kopi kopi arabika. Kopi yang dikenal enak ini bisa Anda buat sendiri di rumah dengan menggunakan alat pembuat kopi elektrik dari Nescafe. Selain varian kopi yang terdiri dari 100% arabika, Anda juga bisa menikmati varian campuran antara robusta dan arabika.

Dengan pandemi yang masih belum berakhir, rasanya minum kopi di rumah bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu. Varian di atas juga bisa menjadi awal bagi Anda untuk mengenal beda robusta dan arabika dari segi rasa. Dengan begitu, Anda bisa tetap santai tapi tidak membahayakan kesehatan.