Tips Mengatasi Mata Kering saat Touring dengan Insto Dry Eyes

Tips Mengatasi Mata Kering saat Touring dengan Insto Dry Eyes

Berkendara secara berkelompok atau touring banyak dilakukan oleh komunitas motor atau mobil. Mata yang menjadi kering ketika melakukan touring kerap kali dirasakan pengendara. Rasa perih, gatal dan berair yang tidak nyaman akan membahayakan perjalanan. Guna mengatasi masalah tersebut, berikut penyebab dan cara mengatasi masalah mata yang kering.

Dry Eye Syndrome

Berbagai gangguan seperti mata perih, sepet, pegel, mudah lelah, berair dan sensasi terbakar pada mata merupakan gejala umum dari sindrom mata kering. Sindrom tersebut merupakan kondisi dimana mata tidak mendapatkan lubrikasi dengan baik. Kondisi ini disebabkan karena kurang optimalnya kinerja air mata.

Penyebab Mata Menjadi Kering saat Touring

Gangguan pada kinerja air mata disebabkan oleh dua hal, sekresi air mata yang terganggu dan penguapan air mata yang berlebihan. Penyebab utama gangguan sekresi air mata adalah perubahan hormon, kondisi medis tertentu, penggunaan obat-obatan tertentu dan asupan gizi serta cairan yang tidak tercukupi.

Penguapan air mata yang berlebihan disebabkan karena dua faktor, yaitu aktivitas dan lingkungan. Hal inilah yang menjadi sebab utama mata menjadi kering ketika melakukan touring. Berkendara merupakan aktivitas yang membutuhkan fokus visual tinggi. Melakukan aktivitas seperti ini dalam waktu yang lama akan membuat mata pegel dan reflek berkedip yang menurun.

Normalnya seseorang akan berkedip sebanyak 15 kali per-menit, namun ketika melakukan aktivitas yang membutuhkan fokus visual tinggi seperti berkendara, frekuensinya akan turun hingga 3 kali lipat atau sekitar 5 kali per-menit. Berkedip merupakan cara mata melubrikasi dan melembabkan kembali mata dengan merangsang sekresi air mata.

Kondisi lingkungan saat berkendara bisa mempercepat penguapan, seperti tiupan angin saat mengendarai motor dan kelembapan udara yang menurun pada ruangan ber-AC saat mengendarai mobil. Mata yang terbuka lebih lama akibat mata reflek yang menurun, ditambah kondisi lingkungan yang kurang mendukung membuat air mata akan menguap dengan cepat.

Berbagai faktor lain juga bisa memperparah kondisi mata yang kering, terutama pada pengendara motor. Debu dan kuman yang terbawa angin atau cipratan air bisa berpotensi masuk ke dalam mata saat berkendara. Debu yang masuk bisa berpotensi menyebabkan luka pada kornea yang berujung pada peradangan atau konjungtivitis dan infeksi akibat kuman yang masuk ke mata.

Cara Mencegah Mata Menjadi Kering

Ketika mata sepet akibat reflek berkedip menurun, Anda bisa berkedip secara sadar untuk membantu merangsang sekresi air mata sehingga mata Anda tetap lembab dan terlubrikasi dengan baik saat berkendara. Pastikan juga asupan cairan terpenuhi saat berkendara, karena kekurangan cairan bisa menyebabkan produksi air mata terganggu dan mata menjadi kering.

Bagi pengendara motor sebaiknya gunakan kaca mata atau pastikan kaca helm Anda selalu tertutup untuk menghindari tiupan udara dan debu serta kuman yang masuk ke dalam mata, baik melalui udara maupun cipratan air. Bagi pengendara mobil Anda bisa mengatur tingkat kelembapan AC mobil Anda agar mata tidak mudah lelah dan menjadi kering.

Cara Mengatasi Masalah Mata yang Kering

Jika sudah terlanjur mengalami masalah mata yang kering Anda bisa menggunakan Insto Dry Eyes yang diformulasikan khusus untuk mengatasi mata yang kering. Insto Dry Eyes memiliki kandungan yang sangat mirip dengan air mata, sehingga bisa menjadi pengganti sementara air mata alami dalam menjalankan fungsinya.

Touring dengan kondisi mata yang kering pasti dapat membahayakan perjalanan Anda. Demi keselamatan Anda , sebaiknya segeralah beristirahat ketika mata lelah dan gunakan Insto Dry Eyes untuk mengatasi mata yang kering agar tidak menyebabkan masalah yang lebih serius dan berkelanjutan.

shares